Merajut, Breastfeeding Week, dan TIKI



Sebuah notifikasi masuk di Instagram saya. Seorang teman menandai saya di sebuah postingan crochet along (CAL). Crochet along adalah sebuah kegiatan merajut bersama dengan tema atau pola yang sudah ditentukan. Kali ini crochet along tersebut diinisiasi oleh beberapa konselor ASI dari Asosiasi Ibu Menyusui (AIMI). Perajut yang berpartisipasi diharapkan membuat alat peraga menyusui dengan pola yang sudah disediakan. Kegiatan ini sekaligus dalam rangka Breastfeeding Week yang diperingati setiap tanggal 1-7 Agustus.

Saya bukan anggota AIMI, dan bukan konselor ASI. Tapi sebagai ibu yang pernah merasakan suka dukanya mengASIhi anak, tanpa pikir panjang saya mengajukan diri untuk ikut berpartisipasi dalam CAL ini. Padahal sebelumnya saya hampir tidak pernah tertarik ikut-ikutan CAL meskipun saya seorang perajut. Yah beginilah kalau perajut kambuhan. TIdak terlalu suka ditarget, hahaha. Kali ini demi membantu konselor ASI mengedukasi ibu-ibu baru agar bayi mendapatkan hak ASI eksklusif, saya bertekad menerima tantangan merajut ini. Lagipula sudah beberapa lama sejak saya terakhir merajut, dan tumpukan benang yang masih menggunung akibat kalap mata belanja yang menunggu untuk dikaryakan.

Alat peraga menyusui dari rajutan. Buatan saya yang warna pink.

Alat peraga yang dibuat berbentuk payudara. Ya iyalah ya, namanya juga alat peraga menyusui. Alat peraga dibutuhkan untuk mempermudah edukasi. Dalam waktu beberapa hari, saya berhasil menyelesaikan lima buah alat peraga. Tadinya sih mau bikin lebih banyak, tapi ternyata tidak sanggup.

Setelah semua selesai dikerjakan dan dikemas untuk dikirim, baru deh kepikiran mau ngirimnya gimana. Kondisi pandemi begini, sebisa mungkin saya berusaha mencari jasa pengiriman yang bisa menjemput paket sehingga saya tidak perlu keluar rumah. Saya lumayan jarang mengirim paket, lebih sering menerima paket hasil jajan di marketplace. Setelah mencari informasi kesana kemari, ada teman yang menyarankan menggunakan layanan JEMPOL dari TIKI. Saya baru dengar sih layanan ini, tapi tidak ada salahnya dicoba kan? Lagipula TIKI adalah pemain lama di bidang jasa pengiriman dan memiliki reputasi yang bagus dan jangkauan yang luas. 

JEMPOL DAN PUTAR, INOVASI TIKI DI MASA PANDEMI

Untuk menggunakan layanan JEMPOL (Jemput Online) dari TIKI, kita perlu mengunduh aplikasi TIKI Mobile, lalu mendaftar sebagai anggota SOBAT TIKI. Tidak ribet kok, cukup dengan e-mail atau nomor ponsel saja. Setelah verifikasi e-mail, barulah kita bisa menggunakan layanan JEMPOL. KIta tinggal mengisi alamat penjemputan, dan informasi tentang paket. Kita juga bisa memilih metode penjemputan, apakah menggunakan motor atau mobil tergantung volume atau jumlah paket yang akan dikirim. 



Tidak ada batasan minimal jumlah paket. Seperti saya kemarin, hanya kirim satu paket saja dan tetap dilayani. Setelah berhasil mengisi formulir JEMPOL, petugas dari TIKI akan menghubungi kita sekalgus konfirmasi kisaran berat paket untuk menghitung ongkos kirim. Kita bisa memilih mau menggunakan produk pengiriman yang mana, apakah menggunakan SDS (Same Day Service - paket tiba di hari yang sama), ONS (Over Night Service - paket dikirim hari ini besok tiba), pengiriman reguler (3-4 hari), atau pengiriman ekonomis dengan tarif lebih hemat. 

Setelah dikonfirmasi oleh petugas, kita tinggal menunggu kurir datang menjemput paket yang akan kita kirim. Setelah diproses, kita akan dikirimkan foto resi pengiriman. Selain itu, kita juga bisa terus memantau proses pengiriman melalui aplkasi. Nomor resi paket kita akan otomatis ter-update di sana. Layanan JEMPOL ini gratis,tanpa biaya tambahan. Lebih hemat dibanding kalau harus pergi ke gerai kan? Lebih aman pula, tidak harus bertemu banyak orang.

Selain JEMPOL, ada layanan baru yang mempermudah kita dalam mengirim barang, yaitu PUTAR (Jemput Antar) yang akan menjemput dan mengantar barang lebih cepat, hanya tiga jam. Tarifnya pun sangat terjangkau. Untuk daerah DKI Jakarta, tarif PUTAR hanya Rp 15.000 flat. Selain itu, ada garansi uang kembali. Tapi layanan PUTAR ini hanya untuk pengiriman dalam kota, dan baru tersedia di DKI Jakarta dan Bandung. Semoga untuk kota-kota lain segera tersedia juga deh ya... Cocok banget nih buat yang punya usaha makanan. 



SERLOK, SOLUSI PENGIRIMAN BAGI UMKM

Bagi kalian yang punya usaha kecil atau berjualan online, selain menggunakan layanan JEMPOL atau PUTAR, kalian juga bisa bergabung di program SERLOK (Seller Online Booking). Program SERLOK ini merupakan komitmen TIKI untuk membantu UMKM agar tetap bertahan, terutama di masa pandemi ini. 

SERLOK diperuntukkan bagi UMKM/UKM yang belum memiliki badan usaha. Untuk bergabung dalam program SERLOK, kalian harus memiliki toko online minimal di Facebook, Instagram, atau toko online di luar marketplace. Setelah itu kalian tinggal mengisi formulir yang disediakan di platform TIKI. Satu KTP hanya untuk satu akun saja. 

Banyak fasilitas yang akan didapat oleh seller jika bergabung dengan SERLOK, antara lain berhak mendapatkan bonus harian sebesar 18%, jemput paket gratis, tidak ada batasan jumlah pengiriman harian, pembayaran bisa dilakukan H+2 setelah pengiriman, dan bisa terintegrasi dengan website atau toko online seller. Dengan bergabung dengan SERLOK, penjual dapat menghasilkan keuntungan lebih banyak. Ini tentu sangat membantu penjual untuk bisa tetap bertahan atau bahkan mengembangkan usaha terutama di masa-masa sulit seperti sekarang. Program SERLOK ini baru khusus untuk wilayah DKI Jakarta. Semoga untuk wilayah lain juga bisa segera bergabung deh ya...



*****

Tiga hari kemudian, sebuah notifikasi masuk di ponsel saya. Rupanya dari TIKI. Paket alat peraga menyusui saya sudah sampai dengan aman tanpa drama di tangan Kak Yuni, teman saya yang juga konselor ASI. Ada perasaan bahagia terselip saat menyadari bahwa alat peraga menyusui yang saya buat bisa membantu para ibu dalam memberikan nutrisi terbaik bagi bayinya melalui ASI. Terima kasih untuk TIKI yang membantu menjembatani antara hasil buatan tangan saya dan para konselor ASI yang berdedikasi. 

#PakeTIKIAja 
#MakePeopleHappy 
#BeraniBerubah 
#TIKIID
#KEBxTIKI



Komentar

  1. Wah, semakin asyik aja nih pengiriman paket pakai TIKI. Untuk ngirim makanan, kita bisa menggunakan PUTAR ya, 3 jam aja bisa sampai tujuan, ga was2 makanan basi atau apa gitu :) Oh, baru Jakarta dan Bandung ya. Semoga provinsi2 lain menyusul. AKu jadi penasaran kepengen coba JEMPOL deh. Enak ya di rumah aja nunggu Mas TIKI jemput barang yang ingin kita kirimkan.

    BalasHapus
  2. TIKI aku gunakan saat masih berjualan baju online, karena buka 24 jam dan bisa kirim ke seluruh Indonesia dengan aman dan nyaman

    BalasHapus
  3. Saya sudah coba layanan JEMPOL-nya TIKI juga, Mak.. Alhamdulillah membantu banget sih untuk saya yang di pandemi ini memang sengaja banget membatasi aktivitas yang mengharuskan untuk keluar rumah.

    Oiya, ngga tau waktu itu ada promo apa, saya malah dapat diskon 5% dari TIKI. Dobel untung ini namanya. Hihi..

    BalasHapus
  4. Pas kemaren tau Tiki punya layanan jempol aku langsung coba. Daftar sobat Tiki sih gampang banget, nggak pake ribet. Tapi pas mau coba jempol ternyata layanannya blom sampai wilayahku. Cm direkomendasikan dan dikasi tau lokasi Tiki terdekat sih. Jadi paketnya diantar sendiri ke sana

    BalasHapus
  5. Keren ya, Tiki memudahkan pelanggan dengan aneka layanan yang bisa dipilih sesuai kebutuhan. Program serlok ok juga tuh,, jadi UMKM bisa semakin mudah berkembang krn banyak dukungan. Termasuk dari Tiki...

    BalasHapus
  6. Aaakk, keren banget TIKI ini
    Sangat memudahkan siapapun yg butuh jasa ekspedisi, apalagi service dan fiturnya makin ciamik ya Mbaa
    Duh, super hepiii!!

    BalasHapus
  7. Kok kemaren aku tanya ke TIKI ga bisa ya?
    Aku akhirnya kirim reguler dengan cara mendatangi agen TIKI terdekat (yang lumayan jauhnya dari rumah hehehhe)

    Atau mungkin belum tersosialisasikan dengan merata ke semua agen TIKI?

    BalasHapus
  8. Waah inovatif banget ya TIKI ini. Ada JEMPOL dan PUTAR. Buat yang ingin kirim paket tapi terkendala keluar rumah membantu bangeet niih.

    Apalagi PUTAR bisa langsung kirim makanan atau paket ke temen nih dengan cepat. Biayanya murah lagi.

    By the way keren banget mbak rajutannya. Bisa mirip payudara beneran yaa. Senengnya bisa merajut..

    BalasHapus
  9. wuah inovasi layanannya keren sekali. Ini dibutuhkan banyak seller dan ibu-ibu jaman sekarang. aku baru tahu kalo TIKI bisa jemput ke rumah meski hanya 1 paket. Aku sering kesulitan mau kirim barang atau makanan ke kampung. Efek pandemi dan gak bisa mudik nih sering kangen kampung. Kayaknya butuh banget layanan seperti ini. Thanks infonya, Mbak. Btw, hasil crochetnya keren, Mbak.

    BalasHapus
  10. Aku kira serlok itu share lokasi. Wkwkk.. Ternyata serlok (Seller Online Booking). Wah ini mah membantu sekali ya bagi para UMKM.

    BalasHapus
  11. Wah, keren banget ini inovasinya TIKI. Dimudahkan sekali untuk para UMKM yang punya toko online, ada bonus dan jemput paket gratis jadi nggak erlu keluar rumah ya mbak

    BalasHapus
  12. TIKI memang bagus pelayanannya. Udah terbukti sejak lama, ya. Makanya banyak pelanggan yang suka pakai TIKI. Saya juga termasuk pelanggan yang puas

    BalasHapus
  13. Alhamdulillah enak banget ya pake TIKI kirim-kirim..tinggal pilih mau pake Jempol atau Putar sesuai kebutuhan pengiriman.. Coba download aplikasinya dulu ah..

    BalasHapus
  14. MasyaAllah, bagus banget mbak, itu alat peraganya dari rajutan yaa. keren. Ini bener bener berasal dari emak-emak yang kreatif sekaligus aktivis menyusui. kualitasnya juga bagus banget, benang yang dipakai benang apa mbak?

    BalasHapus
  15. Keren juga TIKI, ya, inovasinya bagus, memudahkan pengguna untuk mengirimkan barang. Bahkan ada sistem pengambilan paket juga, ya...

    BalasHapus
  16. Wah keren mba rajutannya bermanfaat bagi para busui. Sekarang inovasi tiki bagus banget ya bisa jemput paket dan ada serlok segala

    BalasHapus
  17. wah mbak bikin mode payudara dari rajutan ya
    ini salah satu alat Tempur penting buat konselor menyusui, saya juga seorang konselor menyusui
    kreatif mbak
    dengan TIKI bisnis makin berkembang ya mbak

    BalasHapus
  18. Awalnya aku baca di plangnya tiki itu serlok itu serlokasi. Ternyata bukan ya? Hehe

    BalasHapus
  19. Makin banyak fitur pelayanan Tiki ya semakin keren aku juga suka pakai Tiki karena cepat, aman dan murah..keren Mbak rajutannya

    BalasHapus
  20. Waaa.. Alat peraga buat mendukung aksi menyusuinya, bagua banget, mbak. Skrg, banyak yg suka merajut, edukasjnya bakal sampai

    BalasHapus
  21. Cabang Tiki ini dekat dengan kantor saya, sejak dulu suka pakai jasa tiki, apalagi kalo ngirim dokumen, terpercaya paripurna, hehehe

    BalasHapus
  22. Wah, kurir langgananku di masa dulu. Dan berhenti sejak kounter yang deket rumah pindah entah ke mana. Padahal udah nyaman banget. Kangen deh ngirim dan dikirim paket via TIKI 😁

    BalasHapus
  23. Tiki semakin banyak inovasi ya, sebagai kesayangan emak2 jualan online deh soalnya cepat dan amanah ya

    BalasHapus
  24. Ternyata TIKI ada program jemputan juga ya, baru tahu saya. Karena rumah saya dekat dengan agennya, jadi udah kebiasaan kalau kirim barang lgs ke agen saja. Tapi dalam kondisi tertentu memang saya rasa lebih praktis kalau jemput di rumah. Next mau coba deh, pakek aplikasi TIKI. Btw, alat peraganya gemay banget, hehe. Menarik ide edukasinya.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer